Ngiring Sareng Sami

Bahasa Pemrograman Visual Basic

Posted on: July 9, 2009

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dengan komputer. Komputer memerlukan kepastian dan logika/algoritma yang baik dan benar untuk dapat melakukan suatu instruksi tertentu. Karena pikiran manusia yang tidak terstruktur maka harus dibuat terstruktur dengan bahasa pemrograman tersebut.

Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Language) dimana bahasanya lebih dekat dan mudah dimengerti oleh manusia. Visual Basic yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung obyek (Object Oriented Programming = OOP).

Jenis jenis bahasa pemrograman secara umum dibagi menjadi tiga yaitu:

  1. Bahasa Mesin adalah bahasa yang berisi kode-kode mesin yang hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin (komputer). Sering juga disebut native code (bahasa yang sangat tergantung pada jenis mesin tertentu). Bahasa ini merupakan bahasa tingkat terendah (Low Level Language) dan berupa kode biner: 0 dan 1. Esekusi bahasa ini sangat cepat tapi sangat sulit pula untuk dipelajari manusia. Contoh: untuk mesin IBM/370. Misal; 0001100000110101 = 1835 yang berarti mengkopikan isi register 5 ke register 3.
  2. Bahasa Assembly adalah bahasa simbol dari bahasa mesin. Setiap kode bahasa mesin memiliki simbol sendiri dalam bahasa Assembly. Misalnya ADD untuk penjumlahan, MUL untuk perkalian, SUB untuk pengurangan, dan lain-lain. Sekumpulan kode-kode bahasa Assembly dapat membentuk makroinstruksi. Bahasa Assembly juga memiliki program pen-debug-nya,tidak seperti bahasa mesin. Misalnya: Turbo Assembler dan debug di DOS. Assembler akan mencocokkan token simbol dari awal s/d akhir, kemudian dikodekan menjadi bahasa mesin. Eksekusinya cepat, masih lebih mudah dipelajari daripada bahasa mesin, ukuran file hasil sangat kecil. Tetapi tetap kurang bersahabat untuk dipelajari (not resembles human language) dan programnya sangat panjang.
  3. Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language) yang lebih dekat dengan bahasa manusia. Bahasa ini juga memberikan banyak sekali fasilitas kemudahan pembuatan program, misalnya: variabel, tipe data, konstanta, struktur kontrol, loop, fungsi, prosedur dan lain-lain. Contoh bahasa ini: Pascal, Basic, C++, dan Java. Bahasa ini mendukung information hiding, enkapsulasi, dan abstract data type. Bahasa tingkat tinggi terdiri dari beberapa generasi, misalnya generasi ke-3 (Pascal, C/C++) dan generasi ke-4 (Delphi, VB, VB.NET, Visual Foxpro). Dibandingkan bahasa mesin dan Assembly, High Level Language lebih mudah dipelajari dan bahasanya mendekati permasalahan yang akan dipecahkan, kode program pendek tetapi eksekusinya menjadi lebih lambat.

Bahasa pemrograman Visual selain Visual Basic antara lain adalah Visual C++, Visual Java dan Visual Foxpro.

Kesimpulan: Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic juga memberikan banyak sekali fasilitas kemudahan pembuatan program, misalnya: variabel, tipe data, konstanta, struktur kontrol, loop, fungsi, prosedur dan lain-lain. Sesuai dengan perkembangan tehnologi dan kebutuhan komputing saat ini bahasa ini terus dikembangkan kemapuannya. Release terbaru dapat di download disini.

Silahkan kirim komentar anda dibawah. Mohon maaf jika ada kekeliruan pada artikel ini, saya hanya manusia biasa yang sering (bgt) melakukan kesalahan.  🙂

——————————————————————————————————–

Artikel ini dimuat sebagai ‘Tugas’ pada akhir Semester 4 mata kuliah Pemrograman Visual 1, STIKOM Bali yang di bimbing oleh Dosen Dody Sanjaya, ST.,MM.KOM.

Kesan saya selama masa perkuliahan oleh Bapak Dody adalah beliau cukup konsisten dan efektif baik dari cara penyampaian materi kuliah, kebijakan aturan perkuliahan maupun keseimbangan antara penyampaian dan pemahaman teori dan praktek tentang subjek-subjek yang diajarkannya. Sehingga mahasiswa memiliki gambaran jelas tentang “apa dan mengapa” hal tersebut penting dengan menceritakan pengalaman, studi kasus, teori-teori dan kenyataan dilapangan. Semuanya dibawakan dengan ringan, informatif dan menyenangkan. Walaupun mata kuliah pemrograman dan algoritma sangatlah rumit, bagi mahasiwa pemula, topik ini menjadi menarik dan menantang, sedangkan bagi mahasiswa berpengalaman, mereka merasa kalau mereka sedang menerima pengetahuan yang bernilai dari praktisi yang kompeten, yang tahu mana yang penting dan tidak. Karena semua pengetahuan pada akhirnya haruslah praktis dan bermanfaat bagi orang banyak.

Imagination is more important than knowledge

Error Message

1 Response to "Bahasa Pemrograman Visual Basic"

nice posting gan…jadi tahu lebih banyak tentang pemrograman visual basic…^_^

Terima kasih infonya, silakan berkunjung ke sini dan jika mau tahu
artikel menarik lainnya silakan kunjungi disini

Leave a comment

Useless fact, stupid act and misc stuff of Agus Prasetya goes to Press.
Bali Blogger Community